CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sabtu, 14 Februari 2009

Urutan Kabel UTP (Networking)

Pada artikel ini saya mencoba untuk memberikan sedikit tutorial tentang cara instalasi jaringan. Mungkin tutorial ini dapat berguna bagi anda yang baru saja ingin belajar tentang instalasi LAN (Local Area Networking). Banyak rekan - rekan saya newbiers yang bertanya - tanya.



"Mas Deni5 Urutan kabel untuk tipe Hub (Straight) dan Cross itu apa aj yah?"

Oke, disini akan saya jelaskan sedikit mengenai urutan kabel UTP. Karena urutan kabel merupakan salah satu hal yang vital dalam proses instalasi jaringan.



"Lho kok Mas Deni5 bisa bilang sangat VITAL sih?"

Ya karena untuk instalasi jaringan urutan kabel sangat penting karena kabel UTP itu berbeda dengan kabel - kabel lainnya. Klo kita salah dalam mengatur urutan kabel tersebut maka jaringan yang kita buat saya yakin tidak akan berguna alias GAK CONECT.


Berikut layout standart urutan kabel UTP :

Standard End Crossover End
Pin 1 White/Orange Pin 1 White/Green

Pin 2 Orange Pin 2 Green

Pin 3 White/Green Pin 3 White/Orange

Pin 4 Blue Pin 4 Blue

Pin 5 White/Blue Pin 5 White/Blue

Pin 6 Green Pin 6 Orange

Pin 7 White/Brown Pin 7 White/Brown

Pin 8 Brown Pin 8 Brown









Demikian sedikit tutorial dari saya semoga berguna untuk anda.

0 komentar: