CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Senin, 24 November 2008

MengenaL Actionscript Pada Flash

ActionScript merupakan skrip (kode program) yang digunakan pada program Flash. Sejak Flash MX, editor teks untuk menulis skrip telah terintegrasi pada program Flash. Pada versi sebelumnya, hingga Flash MX (saja), skrip ditulis pada editor teks eksternal, misalkan Notepad.


OBJEK (OBJECT) DAN KELAS (CLASS)

Objek adalah suatu tipe data seperti suara, gambar, teks yang digunakan untuk mengontrol movie. Semua objek merupakan bagian dari suatu kelas. Contoh objek di dunia nyata misalnya manusia, tanaman, dan binatang.
Dosen dan mahasiswa adalah contoh objek dari kelas manusia. Objek pada Flash dapat berupa gambar yang nampak, hingga sesuatu yang abstrak (tidak nampak), misalnya tanggal, data atau deteksi input dari mouse. Objek dapat dikenali dan digunakan setelah terlebih dulu diberi nama.

Proses penamaan suatu objek disebut instantiating. Selain objek yang didefinisikan, pada Flash terdapat predefined class yang terdiri dari objek yang bisa dipakai di dalam movie. Beberapa diantaranya, MovieClip, Color, Sound, Button, Stage, TextField, dan TextFormat.


METODA (METHOD) DAN PROPERTI (PROPERTY)

Dengan demikian objek dapat dianalogikan sebagai kata benda, property sebagai kata si
fat, dan metoda sebagai kata kerja.

STRUKTUR BAHASA ACTIONSCRIPT
Flash menggunakan struktur bahasa Dot Syntax. Dot atau titik (.) digunakan untuk menunjukkan metoda atau properti yang terkait dengan objek.
dosen.usia = 30
mahasiswa.usia = 20
pernyataan diatas menetapkan nilai 30 untuk properti usia dosen dan
nilai 20 untuk usia mahasiswa.
dosen.mengajar (matematika)
mahasiswa.belajar ()

statemen (pernyataan) diatas menjelaskan metoda mengajar yang diterapkan pada objek dosen. Tanda kurung buka dan kurung tutup menandakan bahwa mengajar atau belajar adalah metoda.

TANDA BACA DALAM ACTIONSCRIPT

KURUNG KURAWAL (CURLY BRACES)
Kurung kurawal ({) dan (}) digunakan untuk mengelompokkan pernyataan,


TITIK KOMA (SEMI COLON)

Titik koma (;) digunakan untuk mengakhiri suatu pernyataan.



GARIS MIRING KANAN GANDA (DOUBLE SLASH)

Komentar (comments) adalah keterangan yang ditambahkan untuk menjelaskan maksud skrip. Komentar dapat membantu pengembang /pemrogram ketika membaca/ mempelajari atau memperbaiki skrip.

on (press){
// mengkonversi besar sudut dalam derajat menjadi radian
var radian = Math.PI/180*sudut;
// menghitung nilai sinus
sinus = Math.sin(radian);
// menghitung nilai cosinus
cosinus = Math.cos(radian);
}

GARIS MIRING KANAN DAN BINTANG
Jika komentar lebih dari satu baris, digunakan tanda baca (/* */)
/*
menghitung nilai sinus dan cosinus dari sudut yang diketahui besarnya
komentar lebih dari satu baris
*/

MENULIS ACTIONSCRIPT

Sejumlah aturan umum penulisan sintaks ActionScript antara lain: ActionScript bersifat case-sentitive. Gunakan huruf besar (kapital) dan huruf kecil dengan benar. Maksudnya, kata tombol dengan Tombol adalah berbeda.

Secara umum, ActionScript mengabaikan spasi kosong. Spasi kosong terdiri dari karakter yang tidak tampil di layar, seperti misalnya, kosong (spasi), tab (tabulasi), baris-baru, dan lainnya yang digunakan dalam pemformatan teks. Gunakan spasi kosong untuk membuat kode lebih menarik dan lebih mudah dibaca.

Kurung kurawal (brace) {} adalah simbol pengelompokan. Kurung kurawal buka ({) menandai awal dan kurung kurawal tutup (}) menandai akhir sesi program. Suatu program memiliki jumlah kurung buka dan kurung tutup yang sama. Suatu blok adalah bagian dari program yang berada di antara tanda kurung. Karena ActionScript mengabaikan spasi kosong, maka program dapat ditulis:

if (D=0)
{
akar = "sama";
}
atau
if (D=0){
akar = "sama";
}

Setiap pernyataan (statement) diakhiri dengan simbol ; (titik koma). Suatu pernyataan adalah suatu elemen program (ekspresi) yang menghasilkan suatu aksi pemrosesan. Tidak semua ekspresi merupakan suatu pernyataan.

Program komputer berisi sejumlah komentar, yaitu teks yang menerangkan kode. Simbol khusus harus mendahului komentar agar compiler mengabaikan teks. Terdapat dua cara untuk menyisipkan komentar. Simbol // membuat suatu komentar yang terdiri dari satu baris. Sebagai
contoh:
// Ini adalah komentar satu baris
Simbol /* dan */ membuat suatu komentar yang terdiri lebih dari satu
baris. Sebagai contoh:
/* Ini adalah
komentar lebih dari satu baris */
atau
/*
Ini adalah
komentar lebih dari satu baris
*/

0 komentar: