CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Minggu, 16 November 2008

ERP dan CRM

ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning, ERP merupakan sistem yang didesain untuk melakukan otomatisasi proses bisnis untuk perusahaan kelas Enterprise (menengah dan besar). Hal ini dapat meliputi proses manufacturing, distribution, personnel, project management, payroll, dan financial. ERP merupakan sistem informasi berorientasi akuntansi untuk mengidentifikasi dan perencanaan kebutuhan resource secara luas.

Dengan memiliki sistem ERP sebuah perusahaan dapat melakukan berbagai efisiensi, seperti mengatur stok barang secara lebih akurat, mengontrol pembelian barang berdasarkan kebutuhan, serta mengatur penjualan secara lebih cepat dan efisien. Disamping itu data data tersebut juga dapat di akses secara realtime. Sehingga pemilik usaha dapat menjalankan usahanya dengan lebih efisien serta dapat menentukan keputusan keputusan bisnis secara lebih cepat, tepat dan akurat. Tentu saja untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan Software ERP yang sesuai (yang dapat mengakomodasi semua kebutuhan bisnis perusahaan), dan implementasi sistem ERP secara baik dan benar (dengan metode yang tepat), serta perawatan sistem yang baik dan berkesinambungan. Apabila tidak, bisa jadi sistem ERP justru bisa menjadi alat penjerumus yang berbahaya bagi perusahaan, sebagai contoh adalah terjadinya kesalahan
pembelian barang ataupun kesalahan produksi yang disebabkan karena informasi sistem yang tidak akurat.

Dengan demikian perusahaan yang sukses mengimplementasikan ERP umumnya dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja perusahan yang pada akhirnya berimbas kepada peningkatan keuntungan perusahaan.

Saat ini ada banyak software ERP yang beredar di pasaran seperti SAP, PeopleSoft, Oracle ERP, JDE, dimana software software tersebut adalah sotware komersial. Sedangkan untuk software ERP Opensource saat ini ada Compiere ERP&CRM, Adempiere (turunan Compiere), OpenBravo
(turunan Compiere), Tiny ERP, OpenTaps, Web ERP, dll.

Software ERP Komersial umumnya harganya cukup mahal, bisa mencapai ratusan ribu US Dollar (milliaran rupiah) sehingga umumnya hanya perusahaan yang kelas menengah dan besar saja yang bisa menikmatinya. Dengan mulai munculnya software ERP berbasis Opensource seperti Compiere, dewasa ini perusahaan kecil dan menengah yang memiliki dana terbatas bisa ikut menikmati sistem ERP. Karena dengan tanpa harus membeli lisensi, biaya implementasi ERP secara keseluruhan dapat ditekan sehingga bisa jauh lebih terjangkau.


Customer relationship management (CRM) merupakan istilah dari suatu proses yang diterapkan oleh perusahaan / Organisasi untuk menangani kontak dengan Customer. Software CRM digunakan untuk mendukung proses ini, yaituuntuk menyimpan informasi dari Customer maupun Calon Customer. Informasi didalam sistem dapat di akses dan dimasukkan oleh karyawan dari departemen yang berbeda seperti sales, marketing, customer service, training, professional development, performance management, human resource development, dan lain lain. Informasi detail dari Customer juga dapat di simpan didalam sistem, dengan alasan untuk meningkatkan mutu pelayanan langsung terhadap Customer dan menggunakan informasi didalam sistem tersebut untuk tujuan pemasaran dan pencapaian target penjualan.

Penerapan CRM umumnya didukung dengan penggunaan Software untuk menangani komunikasi / hubungan dengan Customer, kebanyakan vendor CRM menekankan bahwa strategi keberhasilan CRM menuntut pendekatan holistic. Seperti halnya ERP, Penerapan CRM sering gagal karena implementasi terbatas hanya sekedar pada installasi software tanpa motivasi yang memadai dari para karyawan untuk belajar, menyediakan input, dan mengambil manfaat semaksimal mungkin dari sistem.


0 komentar: