CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Kamis, 22 Januari 2009

Pemanfaatan Ineternet Untuk Bisnis

E-Commerce

Electronic Commerce (E-Commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi terutama Internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Hal ini kemudian dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perdagangan.

Ada banyak bentuk perdagangan secara elektronik yang dilakukan saat ini, antara lain: Internet Banking, pembelian dan penyediaan barang, toko online dan sebagainya.
Perdagangan secara elektronik memberikan keuntungan baik kepada perusahaan maupun kepada customer.

Keuntungan yang diperoleh perusahaan antara lain:

1.Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahaan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya, perusahaan atau toko di Amerika dapat menjual produknya kepada orang di Jepang.

2.Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang-cabang distribusi.

3.Mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan, karena perusahaan tidak perlu menyediakan toko yang besar dan pegawai yang banyak.

4.Karena biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi, maka harga barang dapat dijual dengan lebih rendah. Akibatnya lebih banyak konsumen yang menjangkau harga barang tersebut. Barang menjadi lebih laku.

5.Barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saing perusahaan.

Sedangkan keuntungan yang diperoleh konsumen antara lain:
1.Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup ke Internet dan memesan barang, barang akan diantar ke rumah.
2.Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.
3.Mempunyai lebih banyak pilihan, karena dapat membandingkan semua produk yang ada di Internet.
4.Dapat membeli barang yang terdapat di negara lain, yang mana di dalam negeri mungkin saja belum tersedia.
5.Harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah.

Saat ini ada banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan perdagangan secara elektronik untuk mendukung usaha mereka. Bahkan beberapa perusahaan mengkhususkan diri melakukan perdagangan secara elektronik saja dan tidak melakukan perdagangan konvensional (biasa).

Di Indonesia, perdagangan secara elektronik juga sudah dimulai dilakukan. Beberapa website didirikan khusus sebagai website untuk menjual barang-barang. Beberapa contohnya antara lain: glodokshop.com, apotikonline.com, dan masih banyak lagi.

0 komentar: