Jawaban A
1. Dalam daur hidup pengembangan perangkat lunak (Software Life ccycle), aktifitas detailed design mempunyai tugas terhadap sistem sebagai :       A. semua jawaban salah
2. Selama proses life cycle, hasil rancangan harus diperiksa untuk menjamin kesusksesan perancangan. Dalam proses ini terdapat istilah validation dan verification. Untuk validation dikenal dengan :                    A. the right thing
3. Suatu tingkat keefektifan, efisien dan kepuasan dari user untuk mencapai tujuan yang diinginkan disebut dengan istilah :                      A. usability
4. Tingkat keakurasian dan kelengkapan dari user untuk mencapai tujuan yang diinginkan disebut dengan istilah : .     A.  effectiveness
Pembuatan prototype mengenal beberapa cara atau metode. Salah satu cara pembuatan prototype dimana produk akhir terbuat dari bagian yang terpisah adalah:  
A. incremental
5. Salah satu cara pembuatan prototype dimana produk dibuat dan dilakukan uji coba adalah :             A. throw-away
6. Design Space Analysis mengenal istilah-istilah dibawah ini, kecuali :    A. Position
Masalah potensial yang timbul dalam pembuatan prototype adalah dibawah ini kecuali : 
A. operation
Keuntungan-keuntungan dari design rationale adalah :
A. Sebagai alat komunikasi diantara anggota tim dalam pengambilan keputusan
7. Cognitive models dikategorikan dan diklasifikasikan sebagai berikut, kecuali :
A. Psychological models
8. GOMS merupakan singkatan dari :                A. Goal, Operation, Methods, Selection
9. CCT mempunyai tujuan yang sama dengan GOMS, khususnya pada hirarki tujuan dan diekspresikan dalam bentuk :                                 A. Production rules
10. Human Computer Interaction adalah ilmu tentang : 
A. Interaksi manusia, komputer dan task
11. Human Computer Interaction dalam konteks kerja dan tugas user melibatkan
A. Semuanya benar
12. Berikut adalah metode psikologi yang digunakan, kecuali :      Motivasi, emosi, pengertian
13. Hal yang tidak akan muncul dalam lingkungan Interaksi Manusia dan Komputer adalah :               A. Tampilan grafik
14. Interaksi merupakan komunikasi antara komputer dan user. Jika komunikasi yang dihasilkan mempunyai sifat tidak langsung merupakan :    A. Proses batch
16. Daerah memori yang aktif manusia dan dianggap sebagai memori kerja adalah : 
A. STM
Struktur LTM yang merepresentasikan kejadian dan pengalaman secara serial adalah :
A. Episodic
17. Problem space theory dikenal dengan General Problem Solver dibuat oleh :
A. Simon&Newell
Dalam model interaksi terdapat beberapa terminologi yakni :
A. Domain
Sebuah organisasi atau seseorang yang memesan perancangan sistem komputer disebut :
A. Client
Maksud dari 'user-interaction scenarios', adalah :
A. Menyediakan deskripsi umum dari penugasan yang manusia lakukan dan sempurnakan
Eksperimen secara psikologi menunjukkan :   Recognition lebih mudah dibanding recall
Penelitian yang membuktikan bahwa "semakin bertambah kata yang harus dipelajari, semakin berkurang kemampuan dalam mengingat" dilakukan oleh :  Ebbinghaus (1885)
Pemilihan antara apakah membuat aplikasi atau sistem yang sering manusia lakukan merupakan bentuk :  A. Efek interferensi
Sesuatu yang mewakili sesuatu yang lain disebut :             A. Representation
Collins & Quillian memperkenalkan representasi semantik yang mempunyai keterbatasan. Yang bukan keterbatasan tersebut :
A. Feature yang dibuat dibandingkan secara cepat
Suatu bentuk kegiatan pengetahuan seseorang direpresentasikan merupakan bentuk representasi :               A. Prosedur
Slot dan filter berisi :    frame
Dibawah ini yang bukan tahapan perancangan skill & expertise adalah :
A. Communicative
Orang yang pertama kali memperkenalkan script dan episode adalah :   A. Schank
Di bawah ini merupakan production rules :     A. IF-THEN
Fasilitas UNDO dan operasi-operasi query merupakan bentuk :      A. Facilitation
Penelitian yang membuktikan bahwa rata-rata akses memori ditentukan oleh jumlah informasi aktif yang ada di memori kerja dihasilkan oleh :     A. Sternberg (1969)
  
Dalam interaksi manusia dan komputer istilah 'Central feature' adalah :
A. Object-Design-Object
Kerangka kerja atau framework yang diperkenalkan Caroll terdapat 'Psychological of task', yaitu :’       A. Menyediakan dasar keilmuan yang sesuai
Pengetahuan untuk mengenal yang direpresentasikan dan harus diingat disebut : Recognition
Orang yang menyimpulkan bahwa framework tidak hanya berlaku untuk IMK, tetapi bisa untuk bidang ilmu lainnya adalah :      Long & Dowell
Penelitian tentang perluasan fakta yang digenerate harus diingat dan dapat mencapai pemanggilan fakta tetapi dipengaruhi oleh kualitas perluasan adalah : 
Stein dan Brasford (1979)
Framework yang diperkenalkan Caroll terdapat 'artefact in use', yaitu :
Menyediakan deskripsi rinci dari perancangan sistem computer
Penelitian tentang Human Associative Memory dilakukan oleh : 
Anderson & Bower (1773)
Pengetahuan yang direpresentasikan sebagai kumpulan simbol-simbol diskrit, konsep, obyek dan relasi merupakan representasi :              Analogi
Pengetahuan direpresentasikan dengan graf berarah dimana node dihubungkan dengan relasi merupakan model dari :     Jaringan semantik
Di bawah ini adalah bukan yang termasuk bentuk struktur pengetahuan adalah :  Frames
Dalam jaringan semantik, node merupakan suatu :     Konsep dalam memori
Manusia berkomunikasi dengan komputer melalui dialog, dapat juga disebut sebagai :
Linguistik
Dalam memori terdapat istilah 'transient store' yaitu :   STM
Dalam memori terdapat istilah 'permanent store' yaitu :  LTM
Sudut pandang yang difokuskan pada penampilan dan penyesuaian gagasan perancangan artistik terdapat pada :   Perspektif estetika
Ukuran dan bentuk peralatan input, posisi, bentuk dan warna dari tombol dan kunci merupakan contoh dari :     Perspektif estetika
 
Rekayasa Perangkat Lunak CASE, IPSE adalah contoh dari:    Tools
Software engineering tipe I untuk metode manual sistematis merupakan klasifikasi : Management
Software engineering tipe I untuk file comparator merupakan klasifikasi : Verification
Beberapa bentuk program yang dapat dijalankan merupakan tahap :  Implementasi
Pemilihan metode evaluasi perancangan merupakan tahap :  Spesifikasi perancangan
Orang yang memperkenalkan teknik evaluasi Task Action Language adalah :
Reisner
Evaluasi yang dilaksanakan dengan mengevaluasi bahasa perintah untuk konsistensi dan learnability, merupakan teknik model :   TAL
Teknik yang merupakan perluasan dari GOMS adalah :  CCT
Teknik yang dalam mengevaluasi sistem interaktif menggunakan 'time-based' adalah  GOMS
Teknik evaluasi yang menggunakan aturan produksi adalah :    CCT
Bentuk evaluasi yang sangat baik dalam mengidentifikasi sistem yang dapat diterima tetapi tidak begitu baik dalam mengidentifikasi alasan mengapa tidak dapat digunakan pada tahap implementasi adalah :        Expert-walk-throug
Sudut pandang yang difokuskan pada apakah perancangan telah dibuat sesuai dengan apa yang diharapkan, ada pada :          Perspektif structural
Bentuk evaluasi yang sangat baik dalam mengidentifikasi sistem yang dapat diterima tetapi tidak begitu baik dalam mengidentifikasi alasan mengapa tidak dapat digunakan pada tahap implementasi adalah :              Questionnaire
Dalam metode eksperimen, sesuatu yang dapat dimanipulasi disebut :  Variabel bebas
Dalam metode eksperimen, dimensi dimana variabel bebas dimanipulasi disebut   
Faktor eksperimen
dalam metode eksperimen, kelompok subyek yang berbeda digunakan pada setiap kondisi eksperimen disebut :   Between-group designs
Dalam model waterfall, tujuan dari analysis adalah:       Mengerti perubahan informasi, entitas domain, fungsi yang dibutuhkan sistem, karakter untuk kerja yang dibutuhkan dan karakter interface
Pada model prototipe, perancangan yang difokuskan  pada interface user, khususnya aspek-aspek interaksi user yang terlihat adalah :   quick design
  
Penelitian yang bertujuan memperluas tahapan untuk mendapatkan kemampuan dengan memodelkan sistem sistem aturan produksi adalah :       Anderson (1983)
Penterjemahan pengetahuan deklaratif menjadi pengetahuan prosedural merupakan tahap :    Associative
Penelitian tentang pemrograman sebagai suatu keahlian dilakukan oleh orang di bawah ini, kecuali :             Johnson, Long & Visick (1986)
Yang disebut sebagai 'negative transfer' yaitu :             Saat pengetahuan yang ada mencampuri dan menggunakan sistem baru
Klasifikasi umum untuk kelompok tool pada software engineering terdiri dari:          5
Proses mengidentifikasi keanggotaan dari kategori dalam representasi proposional ada :
A. 2 langkah
Yang disebut sebagai 'positive transfer' yaitu :
Saat pengetahuan yang didapat dari satu skill membantu manusia melaksanakan skill baru
DAlam framework yang diperkenalkan Caroll terdapat 'design rationale', yaitu :
Menyediakan deskripsi rinci tentang sesuatu, penempatan dan alasan yang diberikan untuk perancangan
Dalam pengolahan data secara statistik umumnya peneliti mengharapkan :
A. Menolak Hipotesa = 0
Sesuatu yang menyediakan cara berpikir dan memodelkan struktur sebuah interface disebut :        Kerangka
UIMS singkatan dari :          User Interface Management system
UIDE singkatan dari       :   User Interface Development Environment
Yang disebut sophisticated UIDE adalah :      GARNET
UIDE yang bekerja berdasarkan Event Response Language adalah :         Sassafras
Pada model waterfall, tujuan dari system engineering adalah :
A. Mengenal ruang lingkup sistem dan daerah perancangan secara umum
Model Human Processor dari Card, Moran, dan Newll terdiri dari subsistem-subsistem :
A. Sistem persepsi
Struktur memori manusia terdiri dari :             Short-term memory
Proses dalam long-term memory dari manusia terbagi atas :     Menyimpan dan mengingat informasi
komponen dalam kerangka umum interaksi adalah :            input/output
Beberapa contoh notasi diagramatik adalah :         State Transition Network (STN)
Jawaban B
Dalam IMK, untuk mensurvey dan analisis protokol, pertanyaan yang harus timbul adalah :    Siapa saja usernya
Yang menyediakan informasi dari supraskema, tingkat kepercayaan dari relevansi menstrukturkan input merupakan data yang :           Top-down
Model perancangan iteratif dalam merancang interface adalah :   PROTOTYPE
UIDE yang bekerja berdasarkan paradigma Object-Oriented adalah :   tube
Aplikasi dan interface user pada TUBE adalah :   UID
Sistem pemrograman Visual adalah :  CHOICE
Dalam memodelkan interaksi manusia & komputer, bentuk khusus yang paling sederhana adalah :             Command Language Grammar
Terdapat sebuah pseudocode  TEXT = (An Entity          Name = 'text'          Value = (one-of : numbers letters specified_characters)  Pseudocode ini merupakan :       entitas
Terdapat sebuah pseudocode      SEM_M1 = (A Semantic_Method              For Draw_Face_Shape              DO (SEQ : (START DOODLE_SYSTEM)                       (DRAW Shape)                       (STOP DOODLE_SYSTEM)))  Pseudocode ini merupakan:      METODE
YAng mengeksekusi respon dalam GOMS adalah:   system motor
PEnekanan TAG dalam memodelkan interaksi dan user adalah:
Menyediakan model formal untuk representasi mental dari bahasa interaksi
Fungsi UNDO dapat diaplikasikan terhadap semua operasi, ada pada konsistensi:  semantic
Sifat utama dari CCT adalah:     MEnggunakan aturan produksi dan sistem produksi
Model Human Processor yang dibuat oleh Card, Moran dan Newell terdiri dari beberapa sub-sistem. Sistem resepsi berfungsi:             Menangani respon dari luar
Iconic berfungsi untuk menangani :    visual
Echoic berfungsi untuk menangani :  aural
Haptic berfungsi untuk menangani :   peraba
Yang termasuk daerah memori aktif pada manusia adalah:     short-term memory
Fungsi dari long-term memory adalah :     Menyimpan informasi, pengetahuan eksperimen, aturan-aturan tingkah laku
Yang termasuk dalam short-term memory komputer adalah :   RAM volatile
Daerah keahlian dan pengetahuan dari suatu kegiatan dikenal dengan istilah:  domain
Output yang diinginkan dari sebuah tugas disebut :    GOAL
Operasi untuk memanipulasi konsep domain disebut :  TASK
Yang dimaksud dengan metaphor adalah :     mengajari konsep yang baru dengan menggunakan konsep yang lama
Learnability dalam konteks interaksi manusia dan komputer adalah :     
kemudahan yang memungkinkan user berinteraksi secara efektif
Flexibility dalam konteks interaksi manusia dan komputer adalah :
menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi
Robustness dalam konteks interaksi manusia dan komputer adalah:
Tingkat dukungan yang diberikan agar user dapat menentukan tujuan yang diinginkan
Mendukung user untuk menentukan pengaruh dari 'future action' berdasarkan pengalaman interaksi sebelumnya disebut:      predictability
Salah satu fungsi dari model CCT adalah :   mengukur learnability dan difficulty
Komponen-komponen state transition network (STN) adalah :     SEGIEMPAT
Jawaban C
Goal dalam model GOMS berarti:      apa yang ingin dicapai oleh user
Operator dalam model user GOMS berarti :   tindakan dasar yang harus dilakukan user dalam menggunakan system
Methods dalam model user GOMS berarti :    pemisahan ke dalam beberapa sub-goal
Selection dalam model user GOMS berarti :   pilihan terhadap metode yang ada
Perbedaan utama antara BNF dan TAG adalah :
BNF mengabaikan konsistensi dalam struktur bahasa sedangkan TAG tidak
Tujuan membangun taksonomi dalam analisa berbasis pengetahuan adalah :
memahami knowledge yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas
Contoh bahasa komputer tingkat leksikal antara lain :  ICON
Bahasa komputer tingkat sintaksis berarti :
Urutan dari struktur dari input dan output
JAWABAN D
Model alur lalulintas daerah seperti perancangan jembatan merupakan
Model user dari perancang
Dalam IMK, untuk mensurvey dan analisis protokol, pertanyaan yang harus timbul adalah :    Siapa saja usernya
Entitas konseptual dan operasi konseptual dikenal pada level :
Semantik
Hal menunjukkan apa yang seharusnya sistem komputer lakukan adalah level ; Penugasan
Penggambaran strutur bahasa melalui user yang harus mengkomunikasikan perintah-perintahnya ke sistem adalah level :   sintaksis
Rabu, 09 September 2009
Ujian Mandiri UTAMA IMK
Diposting oleh denis di 07.59
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
 
 
 
 
 


 




 
0 komentar:
Posting Komentar