CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 09 September 2009

Ujian Mandiri UTAMA IMK

Jawaban A

1. Dalam daur hidup pengembangan perangkat lunak (Software Life ccycle), aktifitas detailed design mempunyai tugas terhadap sistem sebagai : A. semua jawaban salah

2. Selama proses life cycle, hasil rancangan harus diperiksa untuk menjamin kesusksesan perancangan. Dalam proses ini terdapat istilah validation dan verification. Untuk validation dikenal dengan : A. the right thing

3. Suatu tingkat keefektifan, efisien dan kepuasan dari user untuk mencapai tujuan yang diinginkan disebut dengan istilah : A. usability

4. Tingkat keakurasian dan kelengkapan dari user untuk mencapai tujuan yang diinginkan disebut dengan istilah : . A. effectiveness


Pembuatan prototype mengenal beberapa cara atau metode. Salah satu cara pembuatan prototype dimana produk akhir terbuat dari bagian yang terpisah adalah:
A. incremental

5. Salah satu cara pembuatan prototype dimana produk dibuat dan dilakukan uji coba adalah : A. throw-away

6. Design Space Analysis mengenal istilah-istilah dibawah ini, kecuali : A. Position

Masalah potensial yang timbul dalam pembuatan prototype adalah dibawah ini kecuali :
A. operation

Keuntungan-keuntungan dari design rationale adalah :
A. Sebagai alat komunikasi diantara anggota tim dalam pengambilan keputusan

7. Cognitive models dikategorikan dan diklasifikasikan sebagai berikut, kecuali :
A. Psychological models

8. GOMS merupakan singkatan dari : A. Goal, Operation, Methods, Selection

9. CCT mempunyai tujuan yang sama dengan GOMS, khususnya pada hirarki tujuan dan diekspresikan dalam bentuk : A. Production rules

10. Human Computer Interaction adalah ilmu tentang :
A. Interaksi manusia, komputer dan task

11. Human Computer Interaction dalam konteks kerja dan tugas user melibatkan
A. Semuanya benar

12. Berikut adalah metode psikologi yang digunakan, kecuali : Motivasi, emosi, pengertian

13. Hal yang tidak akan muncul dalam lingkungan Interaksi Manusia dan Komputer adalah : A. Tampilan grafik

14. Interaksi merupakan komunikasi antara komputer dan user. Jika komunikasi yang dihasilkan mempunyai sifat tidak langsung merupakan : A. Proses batch

16. Daerah memori yang aktif manusia dan dianggap sebagai memori kerja adalah :
A. STM

Struktur LTM yang merepresentasikan kejadian dan pengalaman secara serial adalah :
A. Episodic

17. Problem space theory dikenal dengan General Problem Solver dibuat oleh :
A. Simon&Newell

Dalam model interaksi terdapat beberapa terminologi yakni :
A. Domain

Sebuah organisasi atau seseorang yang memesan perancangan sistem komputer disebut :
A. Client

Maksud dari 'user-interaction scenarios', adalah :

A. Menyediakan deskripsi umum dari penugasan yang manusia lakukan dan sempurnakan

Eksperimen secara psikologi menunjukkan : Recognition lebih mudah dibanding recall

Penelitian yang membuktikan bahwa "semakin bertambah kata yang harus dipelajari, semakin berkurang kemampuan dalam mengingat" dilakukan oleh : Ebbinghaus (1885)

Pemilihan antara apakah membuat aplikasi atau sistem yang sering manusia lakukan merupakan bentuk : A. Efek interferensi

Sesuatu yang mewakili sesuatu yang lain disebut : A. Representation

Collins & Quillian memperkenalkan representasi semantik yang mempunyai keterbatasan. Yang bukan keterbatasan tersebut :
A. Feature yang dibuat dibandingkan secara cepat

Suatu bentuk kegiatan pengetahuan seseorang direpresentasikan merupakan bentuk representasi : A. Prosedur

Slot dan filter berisi : frame

Dibawah ini yang bukan tahapan perancangan skill & expertise adalah :
A. Communicative

Orang yang pertama kali memperkenalkan script dan episode adalah : A. Schank

Di bawah ini merupakan production rules : A. IF-THEN

Fasilitas UNDO dan operasi-operasi query merupakan bentuk : A. Facilitation


Penelitian yang membuktikan bahwa rata-rata akses memori ditentukan oleh jumlah informasi aktif yang ada di memori kerja dihasilkan oleh : A. Sternberg (1969)

Dalam interaksi manusia dan komputer istilah 'Central feature' adalah :
A. Object-Design-Object

Kerangka kerja atau framework yang diperkenalkan Caroll terdapat 'Psychological of task', yaitu :’ A. Menyediakan dasar keilmuan yang sesuai

Pengetahuan untuk mengenal yang direpresentasikan dan harus diingat disebut : Recognition

Orang yang menyimpulkan bahwa framework tidak hanya berlaku untuk IMK, tetapi bisa untuk bidang ilmu lainnya adalah : Long & Dowell

Penelitian tentang perluasan fakta yang digenerate harus diingat dan dapat mencapai pemanggilan fakta tetapi dipengaruhi oleh kualitas perluasan adalah :
Stein dan Brasford (1979)

Framework yang diperkenalkan Caroll terdapat 'artefact in use', yaitu :
Menyediakan deskripsi rinci dari perancangan sistem computer

Penelitian tentang Human Associative Memory dilakukan oleh :
Anderson & Bower (1773)

Pengetahuan yang direpresentasikan sebagai kumpulan simbol-simbol diskrit, konsep, obyek dan relasi merupakan representasi : Analogi

Pengetahuan direpresentasikan dengan graf berarah dimana node dihubungkan dengan relasi merupakan model dari : Jaringan semantik

Di bawah ini adalah bukan yang termasuk bentuk struktur pengetahuan adalah : Frames

Dalam jaringan semantik, node merupakan suatu : Konsep dalam memori

Manusia berkomunikasi dengan komputer melalui dialog, dapat juga disebut sebagai :
Linguistik
Dalam memori terdapat istilah 'transient store' yaitu : STM

Dalam memori terdapat istilah 'permanent store' yaitu : LTM

Sudut pandang yang difokuskan pada penampilan dan penyesuaian gagasan perancangan artistik terdapat pada : Perspektif estetika

Ukuran dan bentuk peralatan input, posisi, bentuk dan warna dari tombol dan kunci merupakan contoh dari : Perspektif estetika

Rekayasa Perangkat Lunak CASE, IPSE adalah contoh dari: Tools

Software engineering tipe I untuk metode manual sistematis merupakan klasifikasi : Management

Software engineering tipe I untuk file comparator merupakan klasifikasi : Verification

Beberapa bentuk program yang dapat dijalankan merupakan tahap : Implementasi

Pemilihan metode evaluasi perancangan merupakan tahap : Spesifikasi perancangan

Orang yang memperkenalkan teknik evaluasi Task Action Language adalah :
Reisner

Evaluasi yang dilaksanakan dengan mengevaluasi bahasa perintah untuk konsistensi dan learnability, merupakan teknik model : TAL

Teknik yang merupakan perluasan dari GOMS adalah : CCT

Teknik yang dalam mengevaluasi sistem interaktif menggunakan 'time-based' adalah GOMS

Teknik evaluasi yang menggunakan aturan produksi adalah : CCT

Bentuk evaluasi yang sangat baik dalam mengidentifikasi sistem yang dapat diterima tetapi tidak begitu baik dalam mengidentifikasi alasan mengapa tidak dapat digunakan pada tahap implementasi adalah : Expert-walk-throug

Sudut pandang yang difokuskan pada apakah perancangan telah dibuat sesuai dengan apa yang diharapkan, ada pada : Perspektif structural

Bentuk evaluasi yang sangat baik dalam mengidentifikasi sistem yang dapat diterima tetapi tidak begitu baik dalam mengidentifikasi alasan mengapa tidak dapat digunakan pada tahap implementasi adalah : Questionnaire

Dalam metode eksperimen, sesuatu yang dapat dimanipulasi disebut : Variabel bebas

Dalam metode eksperimen, dimensi dimana variabel bebas dimanipulasi disebut
Faktor eksperimen

dalam metode eksperimen, kelompok subyek yang berbeda digunakan pada setiap kondisi eksperimen disebut : Between-group designs

Dalam model waterfall, tujuan dari analysis adalah: Mengerti perubahan informasi, entitas domain, fungsi yang dibutuhkan sistem, karakter untuk kerja yang dibutuhkan dan karakter interface

Pada model prototipe, perancangan yang difokuskan pada interface user, khususnya aspek-aspek interaksi user yang terlihat adalah : quick design

Penelitian yang bertujuan memperluas tahapan untuk mendapatkan kemampuan dengan memodelkan sistem sistem aturan produksi adalah : Anderson (1983)

Penterjemahan pengetahuan deklaratif menjadi pengetahuan prosedural merupakan tahap : Associative

Penelitian tentang pemrograman sebagai suatu keahlian dilakukan oleh orang di bawah ini, kecuali : Johnson, Long & Visick (1986)

Yang disebut sebagai 'negative transfer' yaitu : Saat pengetahuan yang ada mencampuri dan menggunakan sistem baru

Klasifikasi umum untuk kelompok tool pada software engineering terdiri dari: 5

Proses mengidentifikasi keanggotaan dari kategori dalam representasi proposional ada :
A. 2 langkah

Yang disebut sebagai 'positive transfer' yaitu :
Saat pengetahuan yang didapat dari satu skill membantu manusia melaksanakan skill baru

DAlam framework yang diperkenalkan Caroll terdapat 'design rationale', yaitu :
Menyediakan deskripsi rinci tentang sesuatu, penempatan dan alasan yang diberikan untuk perancangan

Dalam pengolahan data secara statistik umumnya peneliti mengharapkan :
A. Menolak Hipotesa = 0
Sesuatu yang menyediakan cara berpikir dan memodelkan struktur sebuah interface disebut : Kerangka

UIMS singkatan dari : User Interface Management system

UIDE singkatan dari : User Interface Development Environment

Yang disebut sophisticated UIDE adalah : GARNET

UIDE yang bekerja berdasarkan Event Response Language adalah : Sassafras

Pada model waterfall, tujuan dari system engineering adalah :
A. Mengenal ruang lingkup sistem dan daerah perancangan secara umum

Model Human Processor dari Card, Moran, dan Newll terdiri dari subsistem-subsistem :
A. Sistem persepsi

Struktur memori manusia terdiri dari : Short-term memory

Proses dalam long-term memory dari manusia terbagi atas : Menyimpan dan mengingat informasi

komponen dalam kerangka umum interaksi adalah : input/output

Beberapa contoh notasi diagramatik adalah : State Transition Network (STN)


Jawaban B


Dalam IMK, untuk mensurvey dan analisis protokol, pertanyaan yang harus timbul adalah : Siapa saja usernya

Yang menyediakan informasi dari supraskema, tingkat kepercayaan dari relevansi menstrukturkan input merupakan data yang : Top-down

Model perancangan iteratif dalam merancang interface adalah : PROTOTYPE

UIDE yang bekerja berdasarkan paradigma Object-Oriented adalah : tube

Aplikasi dan interface user pada TUBE adalah : UID

Sistem pemrograman Visual adalah : CHOICE

Dalam memodelkan interaksi manusia & komputer, bentuk khusus yang paling sederhana adalah : Command Language Grammar

Terdapat sebuah pseudocode TEXT = (An Entity Name = 'text' Value = (one-of : numbers letters specified_characters) Pseudocode ini merupakan : entitas

Terdapat sebuah pseudocode SEM_M1 = (A Semantic_Method For Draw_Face_Shape DO (SEQ : (START DOODLE_SYSTEM) (DRAW Shape) (STOP DOODLE_SYSTEM))) Pseudocode ini merupakan: METODE

YAng mengeksekusi respon dalam GOMS adalah: system motor

PEnekanan TAG dalam memodelkan interaksi dan user adalah:
Menyediakan model formal untuk representasi mental dari bahasa interaksi

Fungsi UNDO dapat diaplikasikan terhadap semua operasi, ada pada konsistensi: semantic

Sifat utama dari CCT adalah: MEnggunakan aturan produksi dan sistem produksi

Model Human Processor yang dibuat oleh Card, Moran dan Newell terdiri dari beberapa sub-sistem. Sistem resepsi berfungsi: Menangani respon dari luar

Iconic berfungsi untuk menangani : visual

Echoic berfungsi untuk menangani : aural

Haptic berfungsi untuk menangani : peraba

Yang termasuk daerah memori aktif pada manusia adalah: short-term memory

Fungsi dari long-term memory adalah : Menyimpan informasi, pengetahuan eksperimen, aturan-aturan tingkah laku

Yang termasuk dalam short-term memory komputer adalah : RAM volatile

Daerah keahlian dan pengetahuan dari suatu kegiatan dikenal dengan istilah: domain

Output yang diinginkan dari sebuah tugas disebut : GOAL

Operasi untuk memanipulasi konsep domain disebut : TASK

Yang dimaksud dengan metaphor adalah : mengajari konsep yang baru dengan menggunakan konsep yang lama

Learnability dalam konteks interaksi manusia dan komputer adalah :
kemudahan yang memungkinkan user berinteraksi secara efektif

Flexibility dalam konteks interaksi manusia dan komputer adalah :
menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi

Robustness dalam konteks interaksi manusia dan komputer adalah:
Tingkat dukungan yang diberikan agar user dapat menentukan tujuan yang diinginkan

Mendukung user untuk menentukan pengaruh dari 'future action' berdasarkan pengalaman interaksi sebelumnya disebut: predictability

Salah satu fungsi dari model CCT adalah : mengukur learnability dan difficulty

Komponen-komponen state transition network (STN) adalah : SEGIEMPAT


Jawaban C

Goal dalam model GOMS berarti: apa yang ingin dicapai oleh user

Operator dalam model user GOMS berarti : tindakan dasar yang harus dilakukan user dalam menggunakan system

Methods dalam model user GOMS berarti : pemisahan ke dalam beberapa sub-goal

Selection dalam model user GOMS berarti : pilihan terhadap metode yang ada

Perbedaan utama antara BNF dan TAG adalah :
BNF mengabaikan konsistensi dalam struktur bahasa sedangkan TAG tidak

Tujuan membangun taksonomi dalam analisa berbasis pengetahuan adalah :
memahami knowledge yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas

Contoh bahasa komputer tingkat leksikal antara lain : ICON

Bahasa komputer tingkat sintaksis berarti :
Urutan dari struktur dari input dan output


JAWABAN D

Model alur lalulintas daerah seperti perancangan jembatan merupakan
Model user dari perancang

Dalam IMK, untuk mensurvey dan analisis protokol, pertanyaan yang harus timbul adalah : Siapa saja usernya

Entitas konseptual dan operasi konseptual dikenal pada level :
Semantik

Hal menunjukkan apa yang seharusnya sistem komputer lakukan adalah level ; Penugasan

Penggambaran strutur bahasa melalui user yang harus mengkomunikasikan perintah-perintahnya ke sistem adalah level : sintaksis

Senin, 07 September 2009

Instalasi modem Makronet




status yang di lingkari harus warna hijau ( gambar di atas )









Instalasi Modem Pro-Link









Kamis, 03 September 2009

Instalasi Modem Aztech



bila si pelanggan sudah pernah masang SPEEDY, maka tinggal di instal ulang . . . Dengan memasukkan no SPEEDY dan PASSWORD yang baru . . . tapi pelanggan tersebut menggunakan modem AZTECH